Hello, it’s me!

An extrovert grown up girl from a small city into a big world. I like things that relate to books, beauty, travel, and technologies. I share you here about my experiences, reviews, and self improvement. Enjoy my blog!
Inas

What Read Next

Pengalamanku Mendapat Financial Aid di Coursera

Sebagai seorang fresh graduate yang sedang mencari pengalaman, di masa work from home ini aku berusaha menambah skill untuk mendukung karirku. Aku berfikir, cara paling mudah untuk menambah skill yaitu dengan mengikuti kelas atau kursus online.

Aku pun mendaftar ke beberapa platform kursus online. Sejauh ini, yang paling nyaman aku gunakan adalah Coursera. Secara tampilan, kemudahan untuk mencatat, tugas dan kuis yang diberikan, benar-benar membuatku gampang paham untuk mengerti materi kursus. Buat teman-teman yang belum tahu tentang Coursera, aku bagi dalam beberapa poin ya tentang pengalamanku mendapat financial aid di Coursera.


* * *


Coursera dan Bagaimana Aku Mengetahuinya

Aku tahu Coursera sejak Oktober 2019. Saat itu, aku mengikuti program Digitalent Scholarship dari Keminfo. Beasiswa yang diberikan berupa kursus Google Cloud Platform Specialization full 6 modul secara gratis di Coursera.

Pertama kali mengikuti kursus di Coursera, aku mengira bahwa platform ini kurang lebih sama dengan kursus online lainnya, dimana kita mengikuti kursus, mengerjakan kuis atau tugas, kemudian mendapat sertifikat.

Setelah menyelesaikan program Digitalent, aku mencoba mengambil kursus lain di Coursera. Aku pun menemukan kelebihan dan keunikan berupa:

1. Coursera memiliki banyak materi   kursus yang ditawarkan. Coursera memiliki banyak materi dari organisasi terpercaya (mulai dari perusahaan besar hingga kampus seperti Standford dan Harvard University).

2. Sistem pembayara di Coursera berupa subscribe (berlangganan). Plan pembayarannya dibagi menjadi pembayaran per bulan atau per tahun. Semisal, kita memilih Subscribe plan Monthly (per bulan), selama 1 bulan itu kita bebas mengikuti kursus apa pun (kecuali kelas online dari kampus atau organisasi lain yang benar-benar formal).

Sebenarnya, masih ada beberapa nilai plus Coursera, tapi yang membuatku agak wow adalah dua poin di atas.

Perbedaan Coursera dengan kursus online lain


Financial Aid di Coursera

Sekitar awal April 2021, aku bergabung di salah satu server Discord dan mendapati ada salah satu member yang membagikan kegiatannya bahwa baru saja ia mendaftar bantuan dana (finacial aid) di Coursera. 

Aku baru tahu kalau sekarang Coursera bisa mengajukan financial aid. Aku mulai mencari artikel di Medium dan Google cara mendapatkan financial aid di Coursera. Setelah membaca tips-tips dari beberapa artikel, aku mencari topik yang sedang ingin aku pelajari yaitu berkaitan dengan Technical Writing atau Software Documentation.

Hasil pencarian menunjukkan ada kursus Technical Writing dari Moscow Institute of Physics and Technology. Setelah kubaca deskripsi kursus beserta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, aku merasa sanggup dan mulai mengeklik opsi Financial Aid.

 Alasan Mengajukan Financial Aid

Selain karena aku penasaran bagaimana cara mendapatkan financial aid, alasan lain aku mengajukannya adalah biaya kursus yang mahal namun aku perlu menambah skill-ku. Harga ter-update (23 Mei 2021) di Coursera adalah $59 per bulan atau $399 per tahun.

Jika aku daftar per bulan, belum tentu aku commit untuk menyelesaikannya dan uangku akan hangus di bulan berikutnya. Sedangkan, aku belum merasa perlu untuk berlangganan tahunan.

Langkah Pengisian Formulir Financial Aid

Pengisian formulir financial aid dilakukan dengan mengeklik tulisan Financial Aid Available pada kursus yang kita inginkan. Nantinya terdapat formulir yang perlu diisi. Formulir tersebut membutuhkan essay seperti alasan kita mengajukan financial aid pada Coursera, dampak kursus terhadap kebutuhan kita nantinya (semisal karir), serta alasan mengapa kita ingin mendapatkan financial aid secara penuh (bila memilih tidak bersedia untuk dikenai biaya).

Klik Financial Aid available

Formulir pengajuan financial aid Coursera

Educational Background

Isi sesuai latar belakang pendidikan yang pernah kamu tempuh.

Educational Background

Annual Income

Isi sesuai dengan penghasilan yang kamu dapatkan per tahun. Bila belum berpenghasilan, bisa isikan nol (0).

Employment Status

Isi sesuai dengan status kepegawaian saat ini. Bila belum bekerja, bisa pilih Unemployed, atau misal masih sekolah, bisa pilih Student.

Employment Status

How much you can afford to pay?

Isi dengan biaya yang bisa kamu bayarkan. Kamu bisa pilih biaya per course atau per bulan. Atau, kamu bisa isikan nol (0).

Why are you applying for Financial Aid?

Pada bagian ini, tuliskan alasanmu mendaftar financial aid di kursus yang akan kamu ikuti. Alasan setiap orang tentu berbeda-beda. Usahakan tulis alasanmu secara struktur. Bisa dimulai dengan deskripsi diri, latar belakang pendidikan atau pekerjaan, dan alasan perekonomian.

Aku mengisi kurang lebih begini:

- Pembukaan dengan latar belakang pekerjaan 
- Latar belakang keluarga
- Alasan perekonomian yang secara pribadi belum independen, namun butuh penunjang untuk karir
- Ditutup dengan kontribusi yang mampu aku berikan (tetap mau mengikuti kursus dan membayar semampu yang aku bisa)

How will taking this course help you achieve your career goals?

Jelaskan pengaruh kursus yang akan kamu ambil terhadap tujuan karirmu. Kurang lebih, struktur penulisannya sama dengan pertanyaan sebelumnya. Tulis impianmu waktu kecil, pencapaian yang pernah kamu dapat, latar belakang pendidikan, latar belakang pekerjaan, kelebihan-kekurangan diri (misal: Saya sedang menempuh pendidikan di bidang Computer Science. Kelak saya ingin menjadi seorang Data Analyst. Namun, selama pandemi, saya merasa pelajaran online dari kampus kurang mengimplementasikan praktikum. Maka, saya butuh tambahan pelajaran yang intensif).

Aku menuliskan pengaruh kursus yang aku ambil terhadap karirku seperti ini:

"I have been loving to write since childhood. I took many notes in my classes, several times chosen as secretary, and once I won a writing short story competition in junior high school. My thought was I would like to continue my passion as a job.

Later on, after graduating from senior high school, I decided to take major in Information System in college instead of any literature studies. My view was that technology would be useful for our daily life because it became advance day to day. Yet, I wanted to combine between my passion and technology so it can be more impactful.

In college, sometimes I got difficulties in learning some classes. My seniors taught me to learn from online course. One day, I got a chance to join a government scholarship program so that I could get a free Coursera specialization course. It helped me a lot to get another opportunities. I was chosen to be a Google Cloud speaker in an event and share my experiences to my organization.

From the experiences, I know that even joining an online courses besides it can help me to improve my skill in a subject, it can also help me to get another opportunities.

Currently, I am a new freelance Document Engineer. Finally, I can get a job that fit to my passion and my study background. I know that I need to learn more about this job because it is still one of rare job vacancy in my country, Indonesia.

By joining the Technical Writing course, absolutely it will help me a lot to increase my ability to learn about technical writing skills for the job in my probation time.

I have no doubt that I will have the acknowledgement about my skills so that it adds value to my work environment. In the end, I can share with the Document Engineer team in my office and maybe my juniors in the college about my experiences joining this course."


Would you consider using a low-interest loan to pay for your courses?

Low-interest loan

Pilih apakah kamu bersedia untuk menggunakan pinjaman dengan bunga rendah sebagai pembayaran kursus. Aku sarankan pilih No karena tujuan utama apply financial aid supaya kita bisa bebas biaya.


If you answered no, please help us understand why.

Tulis alasan mengapa kamu tidak bersedia untuk menggunakan pinjaman dengan bunga rendah sebagai pembayaran kursus. Aku menuliskan seperti: "Saya belum memiliki cukup uang untuk berinvestasi pada pendidikan. Namun, saya bisa berinvestasi pada waktu yang saya miliki."


Waktu Pengumuman

Setelah mendaftar financial aid, pengumuman hasil pengajuan akan diinfokan via email dalam kurun 15 hari. Aku mendaftar tanggal 2 April 2021 dan mendapatkan email penerimaan di tanggal 17 April.

Financial aid application


Financial Aid approved

Comments

  1. kak, financial aid ini untuk berapa lama ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Kak. Sebenernya dari Coursera sendiri belum ada ketentuan apakah ada tenggat waktu penggunaan course dari pengajuan financial aid. Sesuai pengalamanku, kursus dari pengajuan financial aid aku jalani sesuai batas waktu kursus (sekitar 1,5 bulan. Khusus materi yang aku pilih dan aku ajuin financial aid).

      Tapi, aku sempat baca-baca, ada yang bilang financial aid terbatas selama 180 hari setelah pengajuan disetujui. Artikelnya ada di sini https://www.coursera.support/s/question/0D51U00003BlaFPSAZ/financial-aid-expiry?language=en_US

      Saran aku, supaya lebih aman, ketika pengajuan financial aid sudah diterima, langsung diselesaikan saja course-nya supaya dapat sertifikat. Nanti kalau masih bingung, materi bisa dibuka lagi untuk dipelajari (karena sudah dapat sertifikat).

      Delete
  2. Halo kak, apakah ada batasan mengajukan financial aid?
    apabila sudah beres course pertama, apakah bisa mengajukan course selanjutnya dengan financial aid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Kak Deni!

      https://www.coursera.support/s/question/0D51U00003BlWkwSAF/financial-aid-for-two-different-courses-simultaneously?language=en_US
      Dari yang aku baca di sini, ngga ada batasan pengajuan financial aid.

      Kamu bisa ajuin financial aid untuk 2 course berbeda, dalam waktu yang sama. Selama course-nya berbeda, maka harus mengajukan financial aid lagi. Tapi, kalau masih dalam satu course yang sama, semisal pembelajaran Course A di Bab I lanjut ke Course Bab II, itu ngga perlu ngajuin financial aid lagi.

      Simpelnya, financial aid bisa diajukan berkali-kali tanpa ada batasan. Tapi, sesuai pengalaman seorang pengguna, ia hanya bisa mengajukan 11 application dalam satu waktu.

      How many times can I get financial aid from Coursera?
      https://medium.com/co-learning-lounge/financial-aid-to-get-free-courses-coursera-64e99d2e5d86#:~:text=Well%2C%20in%20particular%2C%20there%20is,be%20able%20to%20apply%20again.

      Delete
  3. Hallo kak, dibagian "PLEASE TYPE THE FOLLOWING SENTENCE" di isi apa ya kak ? Saya sudah coba isi apa yg disuruh ttpi tdk bisa diklik continue nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo halo...
      "PLEASE TYPE THE FOLLOWING SENTENCE" ada di bagian mana ya? Sorry, aku agak lupa detail tahapan financial aid. Mungkin aja sekarang udah ada beberapa perubahan.

      Supaya lebih jelas, kalau berkenan bisa email aja yaa ke mail@muthiainas.com

      Makasih banget nihh udah coba tanya dan sharing di sini

      Delete
  4. Kak kalau dapat financial aid, setelah mengikuti kursus dapat sertifikat atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap dapat sertifikat seperti saat mengikuti kursus tanpa financial aid yaa... So, apply aja...

      Delete
  5. Halo kak mau tanya kalau waktu mengajukan finacial aid trus salah memasukkan keuangan kursus yg mampu km bayar apa bisa di undo ya kak? masa di tagih sebesar yang mampu aku bayar kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Neny. Bagian untuk memasukkan keuangan kursus (How much you can afford to pay), waktu itu aku isi 0

      Delete
  6. halo ka, saya mau tanya untuk bagian "educational background" di saya tidak bisa diklik itu gimana ya ka?

    ReplyDelete
  7. kak kok bantuannya pas pilih pendidikan, penghasilan, pekerjaan dsb tidak bisa di klik ya gimana itu?

    ReplyDelete
  8. Halo kak, izin bertanya yaa, sewaktu saya coba ajukan dan sudah isi jumlah yang mampu saya bayarkan yakni 0, kemudian ditinjau benar 0, namun waktu saya cek di laman pengajuan kenapa yang muncul bisa setengah harga couse yang ditawarkan yaa kak? Terima kasih

    ReplyDelete
  9. halo kak, saya ingin ajukan satu kursus cuma ada 8 bab materi disuruh pilih. apakah course 1 bab 1 selesai, apakah bisa dapat sertifikat atau harus ajukan ke bab 2 nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, langsung saja ya ke bab berikutnya. Mengikuti sistem dari Corsera-nya

      Delete
  10. kak misal 1 courses belum selesai, boleh ajukan financial aid tidak untuk course 2 dengan judul yang sama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengajukan financial aid untuk course 2 dengan judul yang sama maksudnya di spesialisasi yang sama gitu ya. Aku belum pernah apply dengan kondisi seperti itu sih, tapi sesuai tanya-jawab di komunitas Coursera, katanya sih bisa ya. Misal, Course 1 kamu belum selesai tapi mau apply aid untuk Course 2 (di topik/spesialisasi yang sama).

      Financial aid Coursera bisa diajukan sebanyak 11x dalam waktu bersamaan

      Sumber:
      https://www.coursera.support/s/question/0D51U00003BlWkVSAV/financial-aid-for-more-than-one-course-of-the-same-specialization-simultaneously?language=en_US

      Delete
  11. Halo kak, aku baru ajuin financial aid, terus aku ikut satu course make audit biar bisa kebuka. Nah di latihan minggu pertama batas waktunya 4 september. Kira2 klo financial aid aky blm di terima sampe tgl segitu apakah kursus yg aku ikuti batal terus nnti bisa ikut ulang lagi ga y kk? Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Cara liat riwayat kalo kita udah apply financial aid dimn ya kak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *