Pengalamanku Mendapat Financial Aid di Coursera

Sebagai seorang fresh graduate yang sedang mencari pengalaman, di masa work from home ini aku berusaha menambah skill untuk mendukung karirku. Aku berfikir, cara paling mudah untuk menambah skill yaitu dengan mengikuti kelas atau kursus online.

Aku pun mendaftar ke beberapa platform kursus online. Sejauh ini, yang paling nyaman aku gunakan adalah Coursera. Secara tampilan, kemudahan untuk mencatat, tugas dan kuis yang diberikan, benar-benar membuatku gampang paham untuk mengerti materi kursus. Buat teman-teman yang belum tahu tentang Coursera, aku bagi dalam beberapa poin ya tentang pengalamanku mendapat financial aid di Coursera.


* * *


Coursera dan Bagaimana Aku Mengetahuinya

Aku tahu Coursera sejak Oktober 2019. Saat itu, aku mengikuti program Digitalent Scholarship dari Keminfo. Beasiswa yang diberikan berupa kursus Google Cloud Platform Specialization full 6 modul secara gratis di Coursera.

Pertama kali mengikuti kursus di Coursera, aku mengira bahwa platform ini kurang lebih sama dengan kursus online lainnya, dimana kita mengikuti kursus, mengerjakan kuis atau tugas, kemudian mendapat sertifikat.

Setelah menyelesaikan program Digitalent, aku mencoba mengambil kursus lain di Coursera. Aku pun menemukan kelebihan dan keunikan berupa:

1. Coursera memiliki banyak materi   kursus yang ditawarkan. Coursera memiliki banyak materi dari organisasi terpercaya (mulai dari perusahaan besar hingga kampus seperti Standford dan Harvard University).

2. Sistem pembayara di Coursera berupa subscribe (berlangganan). Plan pembayarannya dibagi menjadi pembayaran per bulan atau per tahun. Semisal, kita memilih Subscribe plan Monthly (per bulan), selama 1 bulan itu kita bebas mengikuti kursus apa pun (kecuali kelas online dari kampus atau organisasi lain yang benar-benar formal).

Sebenarnya, masih ada beberapa nilai plus Coursera, tapi yang membuatku agak wow adalah dua poin di atas.

Perbedaan Coursera dengan kursus online lain


Financial Aid di Coursera

Sekitar awal April 2021, aku bergabung di salah satu server Discord dan mendapati ada salah satu member yang membagikan kegiatannya bahwa baru saja ia mendaftar bantuan dana (finacial aid) di Coursera. 

Aku baru tahu kalau sekarang Coursera bisa mengajukan financial aid. Aku mulai mencari artikel di Medium dan Google cara mendapatkan financial aid di Coursera. Setelah membaca tips-tips dari beberapa artikel, aku mencari topik yang sedang ingin aku pelajari yaitu berkaitan dengan Technical Writing atau Software Documentation.

Hasil pencarian menunjukkan ada kursus Technical Writing dari Moscow Institute of Physics and Technology. Setelah kubaca deskripsi kursus beserta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, aku merasa sanggup dan mulai mengeklik opsi Financial Aid.

 Alasan Mengajukan Financial Aid

Selain karena aku penasaran bagaimana cara mendapatkan financial aid, alasan lain aku mengajukannya adalah biaya kursus yang mahal namun aku perlu menambah skill-ku. Harga ter-update (23 Mei 2021) di Coursera adalah $59 per bulan atau $399 per tahun.

Jika aku daftar per bulan, belum tentu aku commit untuk menyelesaikannya dan uangku akan hangus di bulan berikutnya. Sedangkan, aku belum merasa perlu untuk berlangganan tahunan.

Langkah Pengisian Formulir Financial Aid

Pengisian formulir financial aid dilakukan dengan mengeklik tulisan Financial Aid Available pada kursus yang kita inginkan. Nantinya terdapat formulir yang perlu diisi. Formulir tersebut membutuhkan essay seperti alasan kita mengajukan financial aid pada Coursera, dampak kursus terhadap kebutuhan kita nantinya (semisal karir), serta alasan mengapa kita ingin mendapatkan financial aid secara penuh (bila memilih tidak bersedia untuk dikenai biaya).

Klik Financial Aid available

Formulir pengajuan financial aid Coursera

Educational Background

Isi sesuai latar belakang pendidikan yang pernah kamu tempuh.

Educational Background

Annual Income

Isi sesuai dengan penghasilan yang kamu dapatkan per tahun. Bila belum berpenghasilan, bisa isikan nol (0).

Employment Status

Isi sesuai dengan status kepegawaian saat ini. Bila belum bekerja, bisa pilih Unemployed, atau misal masih sekolah, bisa pilih Student.

Employment Status

How much you can afford to pay?

Isi dengan biaya yang bisa kamu bayarkan. Kamu bisa pilih biaya per course atau per bulan. Atau, kamu bisa isikan nol (0).

Why are you applying for Financial Aid?

Pada bagian ini, tuliskan alasanmu mendaftar financial aid di kursus yang akan kamu ikuti. Alasan setiap orang tentu berbeda-beda. Usahakan tulis alasanmu secara struktur. Bisa dimulai dengan deskripsi diri, latar belakang pendidikan atau pekerjaan, dan alasan perekonomian.

Aku mengisi kurang lebih begini:

- Pembukaan dengan latar belakang pekerjaan 
- Latar belakang keluarga
- Alasan perekonomian yang secara pribadi belum independen, namun butuh penunjang untuk karir
- Ditutup dengan kontribusi yang mampu aku berikan (tetap mau mengikuti kursus dan membayar semampu yang aku bisa)

How will taking this course help you achieve your career goals?

Jelaskan pengaruh kursus yang akan kamu ambil terhadap tujuan karirmu. Kurang lebih, struktur penulisannya sama dengan pertanyaan sebelumnya. Tulis impianmu waktu kecil, pencapaian yang pernah kamu dapat, latar belakang pendidikan, latar belakang pekerjaan, kelebihan-kekurangan diri (misal: Saya sedang menempuh pendidikan di bidang Computer Science. Kelak saya ingin menjadi seorang Data Analyst. Namun, selama pandemi, saya merasa pelajaran online dari kampus kurang mengimplementasikan praktikum. Maka, saya butuh tambahan pelajaran yang intensif).

Aku menuliskan pengaruh kursus yang aku ambil terhadap karirku seperti ini:

"I have been loving to write since childhood. I took many notes in my classes, several times chosen as secretary, and once I won a writing short story competition in junior high school. My thought was I would like to continue my passion as a job.

Later on, after graduating from senior high school, I decided to take major in Information System in college instead of any literature studies. My view was that technology would be useful for our daily life because it became advance day to day. Yet, I wanted to combine between my passion and technology so it can be more impactful.

In college, sometimes I got difficulties in learning some classes. My seniors taught me to learn from online course. One day, I got a chance to join a government scholarship program so that I could get a free Coursera specialization course. It helped me a lot to get another opportunities. I was chosen to be a Google Cloud speaker in an event and share my experiences to my organization.

From the experiences, I know that even joining an online courses besides it can help me to improve my skill in a subject, it can also help me to get another opportunities.

Currently, I am a new freelance Document Engineer. Finally, I can get a job that fit to my passion and my study background. I know that I need to learn more about this job because it is still one of rare job vacancy in my country, Indonesia.

By joining the Technical Writing course, absolutely it will help me a lot to increase my ability to learn about technical writing skills for the job in my probation time.

I have no doubt that I will have the acknowledgement about my skills so that it adds value to my work environment. In the end, I can share with the Document Engineer team in my office and maybe my juniors in the college about my experiences joining this course."


Would you consider using a low-interest loan to pay for your courses?

Low-interest loan

Pilih apakah kamu bersedia untuk menggunakan pinjaman dengan bunga rendah sebagai pembayaran kursus. Aku sarankan pilih No karena tujuan utama apply financial aid supaya kita bisa bebas biaya.


If you answered no, please help us understand why.

Tulis alasan mengapa kamu tidak bersedia untuk menggunakan pinjaman dengan bunga rendah sebagai pembayaran kursus. Aku menuliskan seperti: "Saya belum memiliki cukup uang untuk berinvestasi pada pendidikan. Namun, saya bisa berinvestasi pada waktu yang saya miliki."


Waktu Pengumuman

Setelah mendaftar financial aid, pengumuman hasil pengajuan akan diinfokan via email dalam kurun 15 hari. Aku mendaftar tanggal 2 April 2021 dan mendapatkan email penerimaan di tanggal 17 April.

Financial aid application


Financial Aid approved

Comments

back to top