Inspirasi Resep Camilan dari Mondelez (snacks-desserts.id): Mudah bagi Pemula, Berdaya Jual untuk Usaha



Tim Ngemil #NgemilBijak

Halo, teman-teman! Siapa di sini yang suka ngemil?

Kalau aku dengar pertanyaan seperti itu sih otomatis langsung acung tangan paling tinggi, hahaha. Dari kecil, aku anak yang tipe susah makan tapi suka banget nyemil. Saking sukanya, Ibuku suka kesel karena camilan yang aku beli di warung-warung itu nggak sehat. Ibuku pun jadi sering masakin cemilan untuk anak-anaknya di rumah supaya nggak jajan sembarangan lagi di luar.

Semakin bertambahnya umur, aku pun mulai menjaga apa yang aku makan termasuk camilan. Aku mulai memeprhatikan camilan dari bahan-bahannya, gizi, dan kebersihan. Aku yang dari kecil suka jajan sembarangan di luar, jadi mencoba memasak camilan untuk diriku sendiri. Hal ini dimulai waktu Corona masuk ke Indonesia. Aku masih di perantauan dan concern banget harus menjaga diri biar nggak berurusan dengan Covid-19.

Aku cari di internet tentang resep-resep masakan. Tentu, aku menemukan banyak website resep. Tetapi, di beberapa website, aku harus membayar sejumlah uang untuk berlangganan sehingga nantinya bisa melihat resep-resep yang sudah terbukti enak. 

Menurutku yang tahun lalu masih menjadi anak rantau, di kos-kosan sendirian, uang sangat terbatas, membayar uang untuk berlangganan website resep itu kurang worth. Alasannya:

  1. Karena resepnya belum tentu cocok di lidahku. 
  2. Karena resepnya dibatasi, jadi belum tentu bahan-bahan yang digunakan mudah dicari dan belum tentu pula aku punya alat masak yang dibutuhkan.
  3. Terkadang tidak ada takaran bahan, sehingga aku yang pemula perlu mengira-ngira sendiri takaran bahan masakan. 

Alasan-alasan itu tentu membuatku beralih ke sumber lain. Aku menjadi lebih sering memasak makanan berat ketimbang camilan. Resep camilan yang kutemui di internet tidak selalu berada di satu website yang sama, sehingga membuat aku yang pelupa ini, meninggalkan resep-resep cemilan itu dalam wishlist atau bookmark saja, dan akhirnya aku beli camilan di warung lagi seperti masa kecil, hehehe.

Beberapa hari lalu, aku akhirnya menemukan website yang bisa menjadi pemecahan masalahku untuk nggak jajan sembarangan lagi di luar. Aku mengunjungi website snacks-desserts.id dan menemukan banyak resep gampang di sana, khususnya resep camilan!

snacks-desserts.id

Untuk teman-teman yang belum tau tentang website ini, snacks-desserts.id merupakan wesbite berisi resep-resep pilihan yang berada di bawah naungan Mondelez International. Modelez International itu apa sih? Mondelez International merupakan perusahaan makanan dan minuman yang memproduksi cokelat, biskuit, permen karet, permen, dan minuman bubuk. Di Indonesia, Mondelez memiliki visi untuk membuat lebih banyak momen kenyamanan melalui produk-produk globalnya seperti Oreo, Keju KRAFT, Cadbury Diary Milk, dan Toblerone. Oh iya, snack lokal yang udah kita kenal dari kecil, yaitu Biskuat, juga termasuk salah satu produk dari Mondelez, lho!

Burn Cheese Toast Bread

Aku pun tertarik untuk recook salah satu snack populer dengan bahan yang mudah didapatkan yaitu Burn Cheese Toast Bread. Untuk proses pembuatannya, bisa klik tautan di bawah ini, ya! 😊



Karena aku belum makan siang, aku pun melanjutkan untuk membuat Spaghetti Creamy mengikuti resep populer yang ada di snacks-desserts.id. Semua bahan bisa aku beli di toko terdekat. Resepnya nggak sesusah yang aku pikirkan. Beberapa bahan aku modifikasi sesuai dengan keinginanku (Don't really attach to the recipes when you cook 😜) Aku hanya membutuhkan waktu memasak sekitar 15 menit.


Sebelum mencicipi resep Spaghetti Creamy, kita lihat dulu yuk tampilan website snacks-desserts.id!

* * *

Tampilan Landing Page atau Halaman Utama


Website snacks-desserts.id by Mondelez


Tampilan landing page merupakan halaman utama yang ditampilkan begitu kita mengakses website. Pada halaman utamanya, snacks-desserts.id menampilkan daftar resep berbahan dasar produk-produk Mondelez. Resep-resep di sini ditulis menggunakan Bahasa Indonesia dan dibagi ke dalam beberapa bagian.

Header

snacks-desserts.id

Terdapat menu bar di bagian atas website. Terdapat search bar, menu Login, dan Daftar. Kita bisa mengeklik Daftar terlebih dahulu untuk membuat akun snacks-desserts.id. Cara mendaftarnya sangat mudah, bakal aku jelasin next, ya!

Selain ada menu bar, temen-temen juga bisa lihat slider yang berisi informasi dari produk Mondelez. Contohnya di sini aku klik slider KRAFT. Aku diarahkan ke website bundakraft.com. Di bundakraft.com, aku bisa melihat informasi tentang usaha jajanan di berbagai daerah Indonesia yang menggunakan produk KRAFT.

Informasi seperti ini tentu saja akan berpengaruh terhadap para pengusaha yang terdaftar. Selain usaha mereka bisa terpromosikan, calon pembeli atau viewers bisa tahu detail produk, harga, dan lokasi penjualan. Nice one, Mondelez! 👏

bundakraft.com

Resep Inspirasi Usaha Anda

Resep Inspirasi Usaha Anda

Ini menarik banget sih menurut aku. snacks-desserts.id menampilkan daftar resep inspirasi usaha. Di bagian ini, resep-resepnya ditulis oleh food vlogger dan chef berpengalaman seperti Henji Wong, Norman Ismail, Ronald Prasanto, dan masih banyak lagi.

Sesuai dengan nama Resep Inspirasi Usaha Anda, resep-resep ini bisa kita recook dan layak jual. Lumayan untuk nambah-nambah penghasilan. "Resep chef ya, pasti susah...." Nggak perlu khawatir, bahan-bahannya mudah banget didapatkan di toko terdekat. Resepnya juga bisa kita lihat secara gratis dengan syarat kita harus mendaftar akun pengguna snacks-desserts.id. Eits, tenang aja, pendaftarannya gratis tanpa dikenakan biaya sepeser pun!

Resep Populer

Resep Populer

Burn Cheese Toast Bread di bagian Resep Populer amat menarik perhatianku! 👀 Temen-temen juga bisa lihat resep kekinian lainnya, seperti Dessert Box Cadbury dan Toblerone. Kedua menu ini lagi viral di media sosial, lho!

Dessert Box Cadbury dan Toblerone

Resep berdasarkan Kategori

Resep berdasarkan Kategori

snacks-desserts.id memberikan kategori pada beberapa makanan, yaitu Cheese, Biscuits, dan Chocolate.
  • Cheese untuk resep dengan bahan produk keju dari Mondelez yaitu produk-produk keju KRAFT
  • Biscuits untuk resep dengan bahan produk biskuit dari Mondelez yaitu Oreo, BiskuatRitz, dan Chips Ahoy!
  • Chocolate untuk resep dengan bahan produk cokelat dari Modelez yaitu Cadbury dan Toblerone

Resep berdasarkan Produk Favoritmu

Resep berdasarkan Produk Favoritmu

Mirip dengan bagian Resep berdasarkan Kategori, di bagian ini kita bisa melihat resep-resep berdasarkan produk dari Mondelez. Ada resep dari produk Oreo, Biskuat, Cadbury, Toblerone, Ritz, KRAFT, dan Chips Ahoy! Jadi, kalau temen-temen punya stok salah satu snack di atas, bisa langsung ke bagian Resep berdasarkan Produk Favoritmu untuk cari tahu resepnya.

Cara Mendaftar snacks-desserts.id

Cara mendaftar snacks-desserts.id mudah banget. Temen-temen bisa ikutin langkah ini:
1. Kunjungi situs snacks-desserts.id. Klik Daftar pada bagian pojok kanan website.

Klik Daftar

2. Isi data diri pada formulir pendaftaran seperti pada gambar berikut. Klik Sign Up.

Formulir pendaftaran

3. Selamat! Kini akun kamu sudah terdaftar di snacks-desserts.id. Kamu bisa melihat semua resep termasuk Resep Inspirasi Usaha Anda, menyimpan, dan membagikan resep.

Akun terdaftar


Kelebihan dan Kekurangan snacks-dessert.id

Dari waktu yang aku luangin untuk melihat-lihat resep di snacks-dessert.id, aku menemukan bahwa website ini ada kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaiki. For your information, aku pernah mempelajari tentang dasar user interface and user experience design (UI/UX Design) di bangku perkuliahan, jadi aku menilai berdasarkan apa yang telah aku pelajari dan aku alami, ya!

Kelebihan

Hal yang aku sukai dari website snacks-dessert.id:
1. Tampilannya sederhana dan sangat mudah digunakan. Teman-teman yang pertama kali datang ke website ini pasti langsung bisa explore resep-resep dengan mudah. 

Tampilan user friendly

2. Ada resep spesial dari orang berpengalaman seperti food vlogger dan chef. Hal seperti ini bisa meyakinkan aku bahwa resepnya layak dicoba dan layak jual.

Resep inspirasi usaha

3. Bahan yang diguanakan mudah didapatkan di toko terdekat, seperti Oreo, Biskuat, Cadbury, Toblerone, Ritz, keju KRAFT, dan Chips Ahoy!

Bahan mudah didapatkan

4. Langkah memasak ditulis dengan singkat dan jelas, sehingga kita bisa dengan mudah memahaminya. Terdapat detail waktu yang dibutuhkan untuk memasak, tingkat kemudahan (dimulai dari mudah, sedang, sulit), dan jumlah pengunjung yang telah melihat resep. Semakin banyak readers, sebuah resep akan masuk ke dalam kategori Resep Populer.

Detail

5. Cukup dengan mengeklik ikon Save, resep yang ingin kita recook tersimpan di akun snacks-desserts.id kita. Kita juga bisa share resepnya juga, lho! Caranya dengan mengeklik ikon Share, kemudian pilih media sosial. Resep akan ter-update di media sosial kita.

Resep disimpan


Share to Twitter

Kekurangan

Beberapa hal yang kedepannya bisa diperbaiki dari website snacks-desserts.id yaitu:
1. Waktu tunggu yang lama untuk menampilkan slider. Aku coba gunakan GTmetrix untuk melihat penilaian performa website snacks-desserts.id dan menemukan bahwa butuh waktu 10 detik bagi website dalam menampilkan slider.

Loading di bagian slider

Hasil GTMetrix


2. Fitur search tidak dapat digunakan. Aku ambil contoh untuk mengetikkan 'Cheese' dan 'Bread' dari judul resep Burn Cheese Toast Bread. Namun, website tidak merespon apapun begitu aku menekan ikon search maupun menekan tombol Enter.

Search bar

3. Sertifikat SSL masih bertuliskan Not Secure. Mungkin detail seperti ini perlu lebih diperhatikan melihat bahwa snacks-desserts.id berada di bawah bisnis profesional Mondelez International. Kebutuhan privasi pengguna sangat krusial, mengingat bahwa ketika mendaftar, aku menggunakan alamat email dan nomor telefon. Akan berisiko jika data mungkin disalahgunakan oleh pihak tak bertanggungjawab.

SSL Not Secure


4. Kekurangan yang keempat mungkin bisa aku bilang minor, dimana beberapa kategori digunakan berulang kali sehingga memunculkan respon yang sama. Poin ini ada di bagian Resep berdasarkan Produk Favoritmu

Contohnya, begitu aku klik Oreo, maka muncul Kategori Biscuit. Namun, di daftar resep yang muncul terdapat resep untuk produk Biskuat dan Chips Ahoy! Begitu juga ketika aku mengeklik produk Biskuat, website memunculkan halaman yang sama dengan produk Oreo.

Tampilan resep produk Oreo vs Biskuat

Dari pandanganku, pada setiap post bisa saja gunakan Tags yang sesuai dengan penamaan atau kategori yang ingin dimunculkan pada setiap bagian. Meskipun minor, hal ini cukup membingungkan bagiku sebagai seorang pengunjung baru.

Menurutku, produk Oreo bisa dituliskan tags 'Oreo, Biscuit'. Kemudian, pengaturan halaman yang ditampilkan untuk Resep berdasarkan Kategori adalah tag 'Biscuit' dan pada halaman Resep berdasarkan Produk Favoritmu adalah tag 'Oreo'.

Endpoint dan kategori Oreo


Tags untuk resep Oreo
5. Pengunjung dapat mengunjungi akun pengguna snacks-desserts.id cukup dengan mengetikkan snacks-desserts.id/profile/[nama-pengguna]. Contoh di sini, aku mencoba mengetikkan profil namaku sendiri dan muncullah akunku beserta opsi untuk Logout (padahal aku tidak sedang login).

Melihat Profil



Resep Spaghetti Creamy

Spaghetti Creamy


Bahan membuat Spaghetti Creamy

Bahan:

1 sdm Mentega
30gr Keju KRAFT Cheddar
120gr Spaghetti
Secukupya Nori (opsional)
2 siung Bawang Putih (cincang)
Secukupnya Seledri
60gr Keju KRAFT Quick Melt (parut)
1/2 sdt Kaldu Jamur
1/2 sdm Garam
1/2 sdm Gula
1/2 sdt Lada
200 ml Susu Full Cream

Cara Memasak:

1. Lelehkan mentega pada pan. Masukkan bawang putih cincang. Tumis hingga harum.
2. Tuang susu full cream, kemudian masukkan parutan keju Quick Melt. Aduk merata. 
3. Masak campuran susu dan Quick Melt dengan api kecil.
4. Setelah agak mengental, masukkan spaghetti.
5. Beri bumbu (kaldu jamur, garam, gula, lada). Diamkan hingga bumbu dan krim meresap.
6. Setelah bumbu dan krim meresap, pindahkan ke piring saji.
7. Hias Spaghetti Creamy dengan parutan keju KRAFT Cheddar, seledri, dan nori.
8. Spaghetti Creamy siap dihidangkan.

Spaghetti Creamy

* * *

Setelah recook resep Burn Cheese Toast Bread dan Spaghetti Creamy dari snacks-desserts.id, aku coba membagikannya ke orang rumah. Alhamdulillah, orang rumah pada suka. Resep-resep di snacks-desserts.id memang mudah untuk dicoba dan aku yakin bisa dijadikan ide untuk usaha. 

Bagaimana? Tertarik membuat cemilan untuk keluarga? Atau mau memulai bisnis makanan? Teman-teman bisa temukan ide resepnya di snacks-desserts.id, ya! Jangan lupa kunjungi  snacks-desserts.id dan daftarkan akun teman-teman untuk mendapatkan resep premium dari food vlogger dan chef terkenal ^^

Comments

back to top