Hello, it’s me!

An extrovert grown up girl from a small city into a big world. I like things that relate to books, travel, and technologies. I share you here about my experiences, books review, and self improvement. Enjoy my blog!
Inas

What Read Next

Jenderal Kopi Nusantara Buwas, Bandung

Jenderal Kopi

Bulan Desember lalu, aku dan Lulu pergi ke salah satu kafe hits di Bandung. Jenderal Kopi Nusantara namanya. Aku tahu kafe ini dari sekitar tahun 2020, saat baru-barunya launching. Interiornya terlihat elegan dan tampak sangat luas.

***

Ambience

Begitu masuk ke Jenderal Kopi, ada seorang resepsionis yang menyapa dan kita diarahkan untuk memesan nomor meja. Setelah itu, resepsionis mengantarkan kita hingga ke meja yang sudah kita pesan.

Penataan kafe ini unik. Kafenya terdiri dari dua lantai dan ada pilihan ruangan outdoor di masing-masing lantai. 

Suasana zaman dulu

Di lantai satu, di dekat meja resepsionis, terdapat ruangan yang dibuat mirip seperti ruang tamu zaman dahulu. Kemudian, ada ruangan utama yang menampilkan rak dessert dan ada tangga untuk menuju ke lantai dua.

Jenderal Kopi
Ketika di sini disambut dengan slogan "Jenderal Kopi!"

Jenderal Kopi
Ruang utama dari lantai 2

Karena aku dan Lulu pilih di lantai dua, maka kami pun naik menuju lantai dua. Menurutku, di lantai dua suasananya lebih private karena jarak antara satu meja dengan meja lainnya berjauhan. Kebetulan juga saat kami datang, keadaannya sedang sepi.

Begitu duduk, kami diberi buku menu dan dipersilakan untuk memilih. Kita sempat excited karena buku menunya besar banget dan eat the whole table 😅 Menu yang tersedia bervariasi, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, dan makanan pencuci mulut. Macamnya juga ada yang Western dan Indonesian mulai dari makanan dan minuman. 




Taste

Jenderal Kopi


Waktu melihat-lihat buku menu, aku dan Lulu sempet bingung karena menunya yang bervariasi. Sampai pada akhirnya, aku memilih Fat Boo dan Antioxidant Blast, sedangkan Lulu pesan Mile-Crepes Coffee Rum Tiramisu dan Iced Palm Sugar Gandja Latte.

Fat Boo

Fat Boo

Harga: Rp65.000,-

Dalam satu porsi Fat Boo, kita dapat hotdog dalam ukuran besar, berisi sosis, selada, tomat, bawang bombay, saos tomat, mustard, dan disajikan dengan potato wedges yang ditaburi keju parmesan. Yang aku suka dari Fat Boo ini seladanya segar sampai aku dan Lulu buat bercandaan, "Seladanya fresh from Lembang. tanpa melalui distributor" 😂

Untuk potato wedges-nya, menurutku standar. Crispy dan gurih tapi cukup sekedar potato wedges pada umumnya. 

Satu porsi Fat Boo ini sudah sangat cukup untuk bikin perut kenyang. Bahkan, aku pun rasanya ingin membungkus setengahnya untuk dibawa pulang saking kenyangnya.

Antioxidant Blast

Antioxidant Blast
Harga: Rp50.000,-

Antioxidant Blast ini merupakan menu Healthy Juice. Dilihat dari deskripsi menunya, jus ini terdiri dari beet root dan jahe. Sebelum minum, ekspektasiku rasanya bakal kaya minum jahe atau healthy juice yang bikin eneg atau pahit.

Tapi guys, pada kenyataannya, experience yang aku dapat unik banget dari minum jus ini. Rasanya seger banget dan secara ngga langsung menghangatkan badan karena ada jahenya. Sensasinya beda, bukan kaya lagi makan jahe tapi lebih ke minum minuman bersoda. Iya, beneran kaya lagi minum soda. Jadi, pas sedotan pertama, kok enak? Kok kaya soda? Di sedotan kedua, kok memang kaya soda? Sampai rasanya ingin diseruput terus, hahaha.

Menurut aku, nyobain Antioxidant Blast cocok pas badan sedang capek-capeknya karena sensasi menghangatkannya unik seperti minum soda. Jadi, kita tetap bisa minum cantik dan fun in a healthy way.

Mile-Crepes Coffee Rum Tiramisu

Mile-Crepes Coffee Rum Tiramisu

Harga: Rp58.000,-

Sesuai dengan deskripsi menu, Crepes Tiramisu ini terbuat dari bubuk Kopi GANDJA (Gayo dan Jawa), keju mascarpone, dan saus rum rasa kopi. Berkaitan dengan rum, Lulu sempat tanya ke pelayannya dan info dari pelayan rum yang digunakan di sini halal (semisal masih ragu, bisa dihindari memesan menu ini, ya).

Rasa crepes-nya light dan whip cream-nya juga ngga begitu manis. Tapi, kata Lulu, lama-kelamaan bakalan kerasa manis dan bikin kenyang sebelum kuenya habis.

Iced Palm Sugar Gandja Latte

Harga: Rp45.000,-

Menurut Lulu, kopi ini lumayan strong tapi rasanya masih terlalu manis meskipun sudah request less sugar. Selebihnya nothing special. Cukup untuk menjawab rasa penasaran.


Outdoor

Setelah puas menikmati makanan dan minuman yang kita pesan, kita pun foto-foto di bagian outdoor lantai 2. Saat itu, kondisinya sepi banget, nggak ada pengunjung yang ke outdoor lantai 2. Feel-nya cozy tapi mungkin karena saat itu lagi mendung dan memang kebetulan sedang nggak penuh-penuh banget, jadi di outdoor lantai 2 sangat kosong.


Overall

Secara keseluruhan, Jenderal Kopi meninggalkan kesan yang baik, mulai dari ambience, experience, menu makanan, dan pelayanan. 

Hal yang paling bikin amazed sih dari pelayanan karena para pengunjung diberikan best service. Mulai dari masuk, kita disapa sama mbak-mbak receiptionist ala hotel yang standby di depan pintu masuk. Kemudian, kita diarahin untuk cek suhu tubuh, pakai handsanitizer, dan ditanya mau pesan di bangku yang mana. Setelah itu, kita diantarkan dari meja receiptionist sampai ke bangku yang kita pilih dan diberi buku menu. 

Nggak lupa juga, slogan "Jenderal Kopi! Siap!" yang menyambut kita pas ke ruang utama.

"Jenderal Kopi! Siap!"
Seru dengernya, berasa semangat lagi.

Oh iya, keunikan di sini ditambah dengan setiap pelayan jyang seragamnya berbeda-beda. Saking penasarannya, kenapa seragamnya berbeda-beda warna dan bentuk, begitu selesai pesan, kita dikasih kertas feedback. Nah, aku tulisin deh kenapa seragamnya ada yang berbeda warna dan bentuk? Tapi, sampai sekarang pertanyaan itu belum terjawab.

Jadi, di sini harga yang kita bayar sesuai dengan experience dan service yang kita dapat. Mulai dari porsi makanan yang bikin kenyang (banget), bahan yang dipakai fresh, dan pelayannya siap melayani dengan sigap. Saat dimintai foto pun mas-nya bersedia.

Bisa nih ajak teman atau keluarga mampir ke sini 💯


 

Place: Jenderal Kopi Buwas Nusantara, Bandung
Price: Start from Rp40.000,- (exclude tax 10%)
Location: LLRE Martadinata St No.219, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40113
Instagram: @jenderalkopi.id
Website: jenderalkopi.com

Comments

Contact Form

Name

Email *

Message *