Company Visit: Kumparan

Kamis, 13 September 2018

Bulan September, aku menyempatkan diri untuk ikut company visit pertama kalinya. Company visit ini diadakan oleh UKM aku, yakni UKM Central Computer Improvement (CCI) . Company visit ini merupakan program kerja tahunan milik divisi Media Management. Sebenarnya, aku ingin ikut company visit dari tahun lalu, namun jadwal yang memungkinkan baru di tahun ini. Alhamdulillah.

Company visit kali ini mengunjungi kantor Kumparan dan Kompas, dimana kedua platform tersebut merupakan platform yang digandrungi kalangan muda.

Pagi-pagi sekali, sekitar jam 6 , aku dan peserta company visit lainnya berkumpul di depan Gedung TUCH Telkom University. Lalu, kami berangkat jam setengah 7 . Sampai di kawasan kantor Kumparan (Slipi, Jakarta) sekitar jam 10 .
Pintu masuk utama kantor Kumparan
Welcome to Kumparan
Kesan pertamaku begitu sampai di kantor Kumparan adalah kantor ini mirip seperti rumah. Cozy dan keren banget. Aku dan teman-teman ke kamar mandi dahulu untuk bersih-bersih dan solat Duhur. Eh, begitu aku menunggu antrian toilet, ternyata di sebelah toilet ada Ruang Istirahat. Ruang Istirahat ini ada kasurnya! Iya, kasur! Bayangin kan begitu cape-cape kerja, ngantuk siang-siang, bisa tinggal molor aja di ruangan ini.
Ruang Istirahat
Setelah solat Duhur, aku dan teman-teman makan siang dulu di dapur kecil. Iya, di Kumparan ada dapur kecilnya juga. Ada meja dengan microwave dan meja ini dibagi menjadi dua bagian. Salah satu sisi untuk kegiatan yang basah-basah (mencuci, bikin kopi, dsb.) dan yang satunya kering. Tersedia beberapa buku bacaan dan spot ala-ala untuk berfoto.
Dapur kecil
Background aesthetic untuk foto ala-ala
Kenyang makan siang, kami diajak ke ruang pertemuan untuk mendengarkan presentasi dari Kak Intan. Kami sharing tentang dunia jurnalistik,  dimana berita harus diolah secepat mungkin. Lewat 17 menit dari kemunculan berita, berita sudah bisa dibilang basi dalam dunia publishing.

Kak Intan presentasi tentang Kumparan
Dirasa cukup sharing tentang dunia jurnalistik, kami foto bersama dan Kak Intan membimbing kami untuk berkeliling kantor Kumparan.
Foto bersama setelah presentasi dan sharing tentang dunia jurnalistik
Aku bilang di awal, kesan pertamaku terhadap kantor ini adalah mirip dengan rumah. Kak Intan bercerita, ternyata kantor ini dulunya memang rumah veteran. Lama tak terpakai, akhirnya dibeli oleh Kumparan.

Ruang tengah merupakan ruang kerja utama. Ada beberapa televisi untuk mengetahui berita apa saja yang sedang terjadi. Ada beberapa ruang rapat juga (tidak ditunjukkan untuk keamanan pihak terkait)  .
Ruang kerja utama
Ruang kerja utama
Sebelum menuju halaman belakang, ada ruang bersantai. Ruangan ini unik. Ada playstation, mini tribun, dan hiasan dinding yang berisi foto artis-artis yang pernah datang bermain ke Kumparan. Ada Raisa!
Playstation
Ada mini tribun juga
Raisa
Ke luar dari ruangan bersantai, ada kolam renang yang biasanya dipakai untuk party atau barbeque. Emang untuk chill sih. Capek-capek bekerja, bisa berenang cuy. Kolamnya juga bisa bikin basah (karena kolam renang. Kalau kolam ikan gabisa bikin basah, bisanya bikin amis).
Kolam renang. Ada ayunan juga, tapi nggak kefoto
Agak ke halaman belakang, kalau ngga salah ada kantin juga deh. Tapi kita nggak ke sana karena waktunya terbatas. Ada space terbuka juga mungkin untuk ngobrol-ngobrol santai.

Abis itu, Kak Intan ngajak ke gedung depan. Gedung depan lebih cozy, kaya cafe. Dindingnya dimural jadi aesthetic buat foto-foto.
Salah satu ruangan di gedung depan
Terakhir banget, kami foto-foto lagi sebagai perpisahan lalu melanjutkan perjalan ke kantor Kompas.

Foto bersama sebelum melanjutkan perjalanan
Terima kasih, Kak Intan dan Kumparan sudah memberikan pandangan kantor idaman!

Foto oleh: venxamayo

*This article was formerly posted in sugarush

Comments

back to top