Rentang Kisah - Gita Savitri Devi


Rentang Kisah
Penulis: Gita Savitri Devi
Genre: Biografi, Slice of Life
Penerbit: GagasMedia
Tahun terbit: 2017
Jumlah halaman: -/+ 208 halaman
ISBN: 978-979-780-903-4
Harga: Rp61.000,00 - Rp65.000,00
Sinopsis:
"Apa tujuan hidupmu?
Kalau itu ditanyakan kepadaku saat remaja, aku pasti nggak bisa menjawabnya. Jangankan tujuan hidup, cara belajar yang benar saja aku nggak tahu. Setiap hari aku ke sekolah lebih suka bertemu teman-teman dan bermain kartu. Aku nggak tahu apa yang menjadi passion-ku. Aku sekedar menjalani apa yang ibu pilihkan untukku --termasuk melanjutkan kuliah di Jerman.
Tentu bukan keputusan mudah untuk hidup mandiri di negara baru. Selama 7 tahun tinggal di Jerman, banyak kendala aku alami; bahasa Jerman yang belum fasih membuat proses perkuliahan menjadi berat, hingga uang yang pas-pasan membuatku harus mengatur waktu antar kuliah dan kerja sambilan.
Semua proses yang sulit itu telah mengubahku; jadi mengenal diri sendiri, mengenal agamku, dan memahami untuk apa aku ada di dunia. Buatku, kini hidup tak lagi sama, bukan hanya tentang aku, aku, dan aku. Tapi juga, tentang orangtua, orang lain, dan yang paling penting mensyukuri semua hal yang sudah Tuhan berikan.
The purpose to live a happy life is to always be grateful and don't forget the magic word: ikhlas, ikhlas, ikhlas. "




  Assalamualaikum ;)
  Beberapa hari lalu aku selesai membaca salah satu buku yang ditulis oleh Gita Savitri Devi, seorang Youtuber yang kontennya menurut aku sangat bermanfaat. Gita Savitri (atau yang biasa aku dan teman-teman nyebutnya Gitasav) adalah seorang warga Indonesia yang sempat menjadi mahasiswi perguruan tinggi di Berlin, Jerman, jurusan Kimia Murni.
  Awal aku tahu Gitasav ini muncul di rekomen video Youtube. Lalu aku tontonlah most videos of her karena membuka wawasan tentang Jerman dan lain-lain. Gita nggak cuma ngomongin tentang pendidikan, biaya hidup, dan hal-hal berbau Jerman lainnya, tapi Gita juga membahas tentang opininya tentang agama dan berita-berita atau isu-isu yang sedang banyak di bahas saat itu.


 Dalam buku Rentang Kisah, Gita bercerita lebih ke kehidupannya sebelum ke dan saat hidup di Jerman. Bagaimana pemikirannya dulu saat SMA dan berubah ketika tinggal di negeri orang. Juga tentang sudut pandang terhadap agamanya sendiri.
  Semua berjalan mengikuti waktu hingga akhirnya terbentuklah Gita Savitri yang saat ini terkenal sebagai social media influecer.
 Setelah membaca buku Rentang Kisah, aku sedikit-banyak belajar bahwa sebuah hasil yang besar diikuti dengan proses yang tidak mudah. Seperti Gitasav yang aku awalnya memiliki pandangan bahwa ia adalah seorang mahasiswi biasa, tipikal rajin belajar, yang iseng-iseng main Youtube, dan ternyata enggak. Gitasav punya banyak cerita unexpected sebelum menjadi seperti sekarang.


  Ia banyak-banyak belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik terhadap hidupnya, terhadap orang lain, dan agamanya. Gitasav yang dulunya adalah gadis pemarah, kini, setelah sekian lama mencoba berdamai dengan dirinya, ia bisa menikmati hidup dengan caranya sendiri dan mencapai tujuan hidup sebenarnya.

Terselip foto-foto dari Gita Savitri ketika berada di Jerman

Kelebihan:

1. Buku ini banyak memberikan pelajaran padaku tentang kehidupan dan bagaimana mengontrol diri sendiri.

Kekurangan:

1. Kisah yang diceirtakan seputar kehidupan Gita, belum meluas tentang Jermannya sendiri (iyalah bukan buku kebudayaan hehehe. But if you get what I think) dan bagaimana ketika ia hidup di Jerman tidak diceritakan terlalu detail.

  Untuk kalian yang mau tahu tentang kisah-kisah Gita, bisa klik di sini atau cek media sosial lainnya yang ada di blog. Sekian review tentang Rentang Kisah dan wassalam! ;)

Credit to: Nana for borrowing me this book.

Comments

back to top