Jadi Anak Kos: Semester 4

  Assalamualaikum!
  Semester empat, Bandung makin dingin. Entah karena memang makin dingin atau kulit aja yang lagi sensitif. Judul postingan ini dibaca-baca agak gak nyambung ya, jadi anak kos kok berhubungan sama semester? Tapi yaudahlah, namanya juga judul, mirip iklan, makin aneh makin diinget. Apaan sih.
 Semester empat ini mulai banyak praktikum, ada lima. Cukup mengejutkan karena anak jurusan yang sering dibilang jurusan gajelas ini ternyata praktikumnya banyak ugha ya. Aku sebagai mahasiswanya juga kaget karena dulu pas awal-awal masuk kuliah, dibandingin anak D3 Teknik Telekomunikasi dan S1 DKV akulah yang paling gabut. Iya, saat teman satu kamar lagi serius ngoding aplikasi jalan tol dan satunya sibuk mengaduk-ngaduk cat air (ngaduk? emang kopi) untuk tugas nirmana, aku dengan santainya haha-hihi baca novel, nonton video receh, sangat leha-leha.
  Aku dulu masih sempet tuh jalan-jalan, meskipun seringnya ke BEC. Sekarang mau keluar pikir-pikir dulu, ada rapat UKM kah, atau technical meeting lab, atau bahkan ada kelas pengganti apa engga. Makin ke sini, aku makin bersyukur dulu pernah jadi bocah yang banyak main. Tapi, agak menyesal juga gara-gara dulu kebanyakan main sekarang agak grogi kalau setiap malam anaknya jadi suka belajar. Udah belajar masih belum bisa menguasai matkul logika, yailah. Besok deh bisa, pasti bisa (doa buat diri sendiri) . 
  Rutinitas malam untuk belajar pun dimulai di semester empat pula, ketika diri ini sadar sudah akan mencapai umur 'x' masa iya gabisa gitu belajar bentar aja untuk sekedar review apa yang disampaikan dosen. Malu juga nanti sama anak SMA finalis OSN Fisika. Lah
  Yang semakin bikin grogi ketika belajar malam hari itu suasana kosan yang sepi. Di rumah biasanya jam segini masih ramai. Golongan tua (Umi, Mbah) nonton siaran dangdut yang nyanyinya 5-10 menit, sesi komentarnya bisa sampai 30 menit. Sedangkan golongan muda (Abang, Mbak, Adek22) nonton juga, nontonin Youtube, kan TV-nya diambil alih golongan tua. 
   Aku kangen main UNO. Jam segini pasti dua adik terkahir ayo-ayo aja diajakin main UNO. Kalau mereka kalah, puaslah aku mereka ngocok kartu dengan telapak tangannya yang kecil itu. Nanti kalau mulai main lagi dan kartunya bikin aku berbau-bau kekalahan, kubilang, "Nggak becus ngocok kartunya." Gitu kan kalau orang main UNO, ketika mereka ngga punya kartu yang pas, pasti nyalahin tukang kocoknya gabecus. Terus kalau aku yang kalah, merekalah yang bully aku, udah besar gabisa main kartu. Iya, umur yang dibawa-bawa. 
   "Udah besar masih kalahan nih, Mbak."
   "Hahaha, nggak bisa main nih ye."
   Dan selalu bully topik seperti itu ditujuin ke aku karena aku yang sering main bareng mereka, serasa masih anak kecil.
    Dirasa-rasa juga semester empat di kosan ini bikin aku sering baperin keluarga nun jauh di sana. Kalau kos udah sepi, sering keinget di rumah pasti lagi makan-makan enak. Udang goreng tepung, ikan goreng, aduh melimpah banget deh masakan Umi. Tak tertandingi, beneran. Non-micin, non-minyak3xteruspakaisampai5x, non-ayamberkulitdanberlendir, ekstra sayur, ekstra ikan, ekstra yang lain-lain.
   Selain tentang main UNO dan makanan ekstra, aku juga kangen jahilin adik-adikku. Taulah kalian serunya jahilin anak kecil. Lucu gitu lho. Entar akhirnya kita ketawa-ketawa gajelas sampai ditegur Umi, dan lagi-lagi bawa,"Kamu ini sih, Nas. Udah kuliah tingkahnya masih kaya anak kecil aja." Ya emang ngga boleh gitu? (Engga, Mi. Maap wkwk)
   Aneh sih aku. Sering homesick di semester empat. Apaan yaelah. Harusnya homesick tuh semester satu-dua gitu yak. Pas baru-barunya jauh dari keluarga tuh. Tapi engga sama aku. Semester satu-dua aku malah seneng banget bisa jauh dari adik-adikku yang kadang ngeselin itu wkwk. Terus semakin menghitung semester, semakin rentan kangen keluarga.
   Begitulah guys, curhatan gabut ini aku buat. Mumpung praktikum masih dimulai minggu depan, jadi aku curahkan isi kepala yang gabut di sini. Terima kasih udah baca curhatan sangat gabut ini, dan wassalam.

Comments

  1. nice artikel gan, lanjutkan . kunjungan dari : www.softkini.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Post a Comment

back to top